Hari Film Nasional



Holla Managers!!

Selamat Hari Film Nasional.

Hari Film Nasional diperingati setiap tahun tepat pada tanggal 30 Maret. Nah kalian harus tau nih kenapa sih Hari Film Nasional itu diperingati pada tanggal 30 Maret?

Sebelum itu yuk baca sekilas tentang sejarah perfilman Indonesia.

            Era awal perfilman Indonesia di awala dengan berdirinya bioskop pertama di Indonesia pada tanggal 5 Desember 1900 di daerah Tanah Abang, Batavia dengan nama “Gambar Idoep” yang menayangkan berbagai Film Bisu.

            Film pertama yang dibuat pertama kalinya di Indonesia adalah Film Bisu pada tahun 1926 yang berjudl “Loetoeng Kasaroeng”dan dibuat oleh sutradara Belanda G. Kruger dan L. Hevveldorp.

Tanggal 30 Maret bukanlah sekedar tanggal, karna hari itu adalah hari dimana pengambilan gambar pertama dari film Darah dan Doa atau “Long March of Siliwangi” yang disutradai oleh Usman Ismail. Film ini dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia. Selain itu, film ini juga merupakan film pertama yang benar-benar disutradai oleh Orang Indonesia asli dan juga diproduksi oleh perusahaan film milik orang Indonesia asli yang bernama Perfini (Perusahaan Film Nasional Indonesia) dimana Usmar Ismail tercatat sebagai pendirinya, karena itulah tanggal 30 Maret selalu diperingati sebagai Hari Film Nasional.

Sedikit tentang Usmar Ismail nih Managers. Usmar Ismail atau Bapak Perfilman Indonesia lahir pada tanggal 20 Maret 1921. Sedari kecil darah seni telah mengalir dalam diri beliau. Selain menjadi pelopor film Usmar juga berperan dalam lahirnya teater modern di Indonesia melalui dibentuknya kelompok sandiwara Maya pada tahun 1943.

Setelah melalui banyak masa film Indonesia akhirnya mengalami kesuksesan pada tahun 1980-an meskipun sempat mengalami penurunan pada dekade berikutnya. Pada tahun 2000-an film Indonesia kembali bangkit melalui film-film ternama seperti AADC (Ada Apa Dengan Cinta), Petualangan Sherina dan Ayat-ayat Cinta.

So, What’s Your Favorite Movie Managers??


Penulis (Alfi)
Foto : Film Ada Apa Dengan Cinta (AADC), dan Petualangan Sherina 
Salam enterpreneur,
Management News, Your News Partner




Post a Comment

0 Comments