Hari Raya Nyepi 2018


Gambar terkait

Serang (18/03) - Mungkin ada yang bertanya-tanya mengapa kemarin tepat tanggal 17 Maret 2018 menjadi Hari Libur Nasional? Yap, karena kemarin adalah Hari Raya Nyepi tahun baru Saka 1940. Apasih yang dimaksud dengan Nyepi? Hari Raya Nyepi merupakan hari raya yang penting dan disucikan oleh umat Hindu di Bali dan sudah menjadi libur nasional di Indonesia. Hari raya terbesar bagi umat Hindu di seluruh dunia ini berbeda dengan berbagai hari perayaan lainnya karna mereka merayakannya dengan menyepi. Managers, pada perayaan hari nyepi ini ada 4 peraturan yang harus umat Hindu patuhi loh.
  1. Amati Geni yaitu tidak boleh menyalakan Api, karena tidak boleh ada cahaya maka didalam rumah pun tidak ada yang boleh menyalakan lampu atau lilin kecuali keluarga tersebut memiliki bayi itu juga harus seizin tetua adat disana.
  2. Amati Karya yang artinya tidak bekerja atau menghentikan aktivitas tidak ada pengecualian pada tempat – tempat fasilitas umum seperti bandara maupun rumah sakit. Bandara Internasional Ngurah Rai pun tidak melayani penerbangan sama sekali selama hari Nyepi. Namun masih ada beberapa rumah sakit yang beroperasi untuk berjaga pada terjadinya ada kemungkinan darurat.
  3. Amati Lelungaan yaitu tidak boleh berpergian karena adanya aturan ini pada hari Nyepi (hari ke – 3 dari perayaan 6 hari) seluruh pulau “mati” bahkan masyarakat yang tidak ikut merayakan perayaan ini biasanya juga memenuhi pusat-pusat perbelanjaan untuk menyimpan stok makanan selama Nyepi.
  4. Amati Lelanguan yaitu tidak boleh hiburan seperti menyalakan music maupun televisi di dalam rumah. Oleh karena itu mudik menjadi salah satu opsi bagi kebanyakan non-hindu di Bali. Banyak juga hotel yang menawarkan “Paket Nyepi” yang berisi beberapa kegiatan seperti membatik sementara wisatawan tidak boleh keluar dari hotel.
Selain mematuhi aturan diatas umat Hindu juga melakuakan puaa dan yoga. Di malam Nyepi aka nada banyak Pecalang atau polisi Nyepi yang dilakukan oleh pelaku adat yang melakukan patrol ke seluruh penjuru Bali. Tugas mereka adalah menegur jika masih ada yang menyalakan lampu atau seseorang yang masih ada di luar rumah saat perayaan berlangsung.
Yang paling menarik pada saat Nyepi adalah biasanya “Milky Way” akan terlihat jelas karena tidak adanya cahaya bagai kota mati dan langit malam juga sangat cerah di malam itu.

Selamat Hari Nyepi 2018 “Rahajeng Nyanggra Rahina Nyepi Caka 1940”!


(Penulis : Rahmat/Alfi)


Foto : Suasana Perayaan Hari Raya Nyepi di Bali Indonesia (sumber google).

Management News, Your News Partner~


Post a Comment

0 Comments