Hari Kartini



Hai – hai Managers!

Ibu kita Kartini, putri sejati. Ya itu lah sepenggal lirik dari lagu “Ibu Kita Kartini”
Selamat hari Kartini!

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Jawa Tengah, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini adalah seorang tokoh suku Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi.

Hari Kartini adalah hari yang diperingati bertepatan dengan hari kelahiran Pahlawan Kemerdekaan Nasional Raden Ayu Kartini (RA Kartini) pada tanggal 21 April setiap tahun sejak tahun 1964 oleh seluruh bangsa Indonesia. Peringatan Hari Kartini ditetapkan secara resmi melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964 yang ditandatangani pada tanggal 2 Mei 1964 yang didalamnya juga memuat penetapan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

Sebagai warga Negara Indonesia patut bangga mempunyai sosok pahlawan wanita yang luar biasa kontribusinya terhadap wanita dan kemerdekaan Indonesia.

Buktinya adalah R.A Kartini menjadi pelopor emansipasi kaum wanita yang menguraikan bahwa emansipasi bertujuan untuk membebaskan kaum wanita dari perbudakan dan keterbelakangan, misal pada waktu dijajah pada pada waktu dijajah oleh bangsa Belanda kaum wanita tidak diperbolehkan untuk sekolah seperti kaum pria, kaum wanita pada waktu itu hanya dijadikan budak penjajah dan mengurusi semua keperluan dapur. Maka dari itu emansipasi dijadikan sebagai tonggak baru untuk mengangkat dan memajukan derajat kaum wanita dan untuk bisa mewujudkannya beliau mendirikan sebuah sekolah yang khusus untuk kaum wanita.

Beliau juga mendirikan taman belajar bagi para perempuan pribumi untuk diajari menulis dan membaca. Pada mulanya, beliau mengumpulkan teman-temannya untuk diajari menulis dan membaca. Tidak hanya mendirikan taman belajar untuk kaum perempuan saja, tetapi putri dari bupati Jepara, Raden Mas Adipati Ario Sosrodiningrat yang masih ada pertalian nasab dengan Hamungkubuwana VI kesultanan Yogyakarta ini juga mendirikan perpustakaan bagi anak-anak disekitarnya.

Luar biasa bukan seorang wanita bernama Kartini memeberikan peran luar biasa untuk bangsanya sendiri. Patut kita contoh bukan Managers?

Penulis (Rahmat)
Foto : R.A. Kartini dan Desain Hari Kartini HMJM 
Sumber : Berbagai sumber artikel.
Salam Entreneur. Management News, Your News Partner.

Post a Comment

0 Comments