HARI KONSUMEN NASIONAL



Holaa Managers!! Selamat Hari Konsumen Nasional.


Hati ini tepat pada tanggal 20 April Indonesia merayakan Hari konsumen nasional (Harkornas). Hari tersebut ialah hari dimana rakyat Indonesia memperjuangkan Perlindungan bagi konsumen. Nah, kalian wajib tau nih, Harkornas sendiri dilatarbelakangi oleh perlindungan konsumen di Indonesia yang masih menjadi permasalahan yang belum dapat diselesaikan secara efektif dan efisien. Pada hal ini, Negara berperan penting dalam hal tersebut karena seringnya terjadi kasus konsumen sebagai pihak yang dirugikan dan tidak mampu untuk memperjuangkan kepentingannya.

Oleh sebab itu UU No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen menetapkan pada 20 April sebagai Hari Konsumen Nasional dengan tujuan untuk mewujudkan suatu masyarakat adil dan makmur yang merata materiil dan spiritual dalam era demokrasi,  ekonomi berdasarkan Pancasila dan UUD1945.

Pada awalnya, Hari Konsumen Nasional diselenggarakan oleh Badan Perlindungan Konsumen Nasional, namun kini peringatan Hari Konsumen Nasional dilaksanakan oleh pemerintah dengan koordinasi Direktorat Pemberdayaan Konsumen, di Rektorat Jendral standarisasi, dan perlindungan konsumen serta Kementrian Perdagangan.

Pada tahun ini, Bandara Soekarno Hatta mengelar karnaval untuk merayakan hari konsumen nasional. Acara tersebut juga dihadiri oleh putri pariwisata 2017 Astari Vernandeina yang menambah kemeriahan acara.

Semoga tiap tahunnya perlindungan konsumen benar - benar adanya peningkatan sehingga Hari Konsumen Nasional tidak hanya sebagai hati yang diperingati tiap tahunnya tapi juga tujuan dari diperingati hari tersebut dapat tercapai.


Foto : Desain Hari Konsumen Nasional by HMJ Manajemen
Penulis (Alfi)

Salam Enterpreneur!
Management News, Your News Partner~

Post a Comment

0 Comments