Hari Solidaritas Asia-Afrika


Hello Managers!!!
Selamat Hari Solidaritas Asia-Afrika

Bertepatan dengan usainya peringatan 60 tahun Konferensi Asia-Afrika, tanggal 24 April ditetapkan sebagai Hari Solidaritas Asia-Afrika nih Managers dan kota Bandung sebagai Ibu Kota Solidaritas Asia-Afrika. Awal mula munculnya ide untuk mengadakan konferensi Asia-Afrika adalah karena semenjak berakhirnya perang dunia II tidak berarti pula permusuhan antar bangsa-bangsa di dunia berakhir masalah belum selesai bahkan muncul masalah-masalah baru. Walaupun pada masa itu telah ada badan internasional yaitu Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang berfungsi menangani masalah dunia, namun pada kenyataannya badan ini belum berhasil menyelesaikan persoalan tersebut, sementara akibat yang ditimbulkan oleh masalah-masalah ini sebagian besar diderita oleh bangsa-bangsa di Asia dan Afrika.
      Pada awal tahun 1954, Perdana Menteri Ceylon, Sir John Kotelawala, mengadakan suatu pertemuan informal dengan mengundang para perdana menteri dari Birma (U Nu), India (Jawaharlal Nehru), Indonesia (Ali Sastroamidjojo), dan Pakistan (Mohammed Ali). Presiden Indonesia, Soekarno, menekankan kepada Perdana Menteri Indonesia, Ali Sastroamidjojo, untuk menyampaikan ide diadakannya Konferensi Asia Afrika pada pertemuan Konferensi Kolombo. Ide tersebut bertujuan untuk membangun solidaritas negara-negara Asia Afrika dan telah dilakukan melalui pergerakan nasional melawan penjajahan yang merupakan cita-cita bersama selama hampir 30 tahun telah didengungkan.
Pada awalnya setidaknya ada 25 negara – negara baru dia Asia-Afrika yang diundag sebagai semangat awal Asia-Afrika. Yang pada akhirnya pada Senin, 18 April 1995 konferensi dilakukan di Bandung dengan diawali diperdengarkannya Indonesia Raya dan pidato dari Presiden Indonesia, Soekarno yang berjudul “Let a New Asia and New Africa be Born” yang dihadiri oleh 29 negara. Konferensi Asia Afrika di Bandung telah membakar semangat dan menambah kekuatan moral para pejuang bangsa-bangsa Asia dan Afrika yang pada masa itu tengah memperjuangkan kemerdekaan tanah air mereka, sehingga kemudian lahirlah sejumlah negara merdeka di kawasan Asia dan Afrika.
     Konferensi Asia Afrika juga telah berhasil menumbuhkan semangat solidaritas di antara Negara-negara Asia Afrika, baik dalam menghadapi masalah internasional maupun regional. Beberapa konferensi antarorganisasi dari negara-negara tersebut diselenggarakan, seperti Konferensi Mahasiswa Asia Afrika,  Konferensi Setiakawan Rakyat Asia Afrika, Konferensi Wartawan Asia Afrika, dan Konferensi Islam Afrika Asia.

Nah, singkatnya seperti itu Managers kenapa pada hari ini kita memperingati Hari Solidaritas Asia-Afrika. Hal-hal seperti ini tentunya perlu kita ketahui sebagai mahasiswa yuk kita bersama-sama semakin mempelajari setiap sejarah yang ada di Indonesia.

Penulis (Alfi)
Foto : Desain Hari Solidaritas Asia-Afrika
Salam Enterpreneur
Management News, Your News Partner~

Post a Comment

0 Comments