Hari Palang Merah Indonesia 2018



Hola Managers~

Selamat Hari Palang Merah Indonesia! Pastinya semuanya pada tau kan apa itu Palang Merah Indonesia, Nah di Kampus kita juga ada loh atau jangan - jangan salah satu Managers ada yang menjadi anggota KSR PMI Untirta. Langsung aja yuk!! Intip Latar Belakang Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Untirta.
Pembentukan PMI dimulai 3 September 1945 saat itu Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.


Dibantu panitia lima orang yang terdiri dari Dr. R. Mochtar sebagai Ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, Dr Boentaran mempersiapkan terbentuknya Palang Merah Indonesia. Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.

Peran PMI adalah membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana dipersyaratkan dalam ketentuan Konvensi-Konvensi Jenewa 1949 yang telah diratifikasi oleh pemerintah Republik Indonesia pada tahun 1958 melalui UU No 59.

Sebagai perhimpunan nasional yang sah, PMI berdiri berdasarkan Keputusan Presiden No 25 tahun 1950 dan dikukuhkan kegiatannya sebagai satu-satunya organisasi perhimpunan nasional yang menjalankan tugas kepalangmerahan melalui Keputusan Presiden No 246 tahun 1963.
Di Untirta sendiri mempunyai unit Palang Merah Indonesia yaitu Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Perguruan Tinggi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.


Latar belakang berdirinya KSR PMI Untirta Manusia tidak dapat berdiri sendiri dalam suatu kehidupan, dibutuhkan manusia yang lain di sekitarnya untuk saling membantu. Dan juga berdasarkan Tridarma Perguruan Tinggi dan simbol yang melekat bahwa mahasiswa berstatus sebagai "agent of change" berarti mahasiswa dapat mengamalkan Tridarma untuk dapat di sebut sebagai agent of change ketika dibutuhkan langsung oleh masyarakat, terlebih lagi dalam keadaan darurat seperti bencana. Maka atas dasar hal-hal tersebut diperlukannya sebuah wadah yang dapat mengintegrasikan kegiatan-kegiatan Pertolongan Pertama dalam kehidupan sehari-hari dan kegiatan berupa layanan pengabdian pada kegiatan sosial dan kemanusiaan.

"Oleh karena itu pendiri KSR PMI Untirta yaitu : Bahtiar Rifai, SH. dan Victor MP Manalu, SP., berjuang keras untuk mewujudkan terbentuknya UKM KSR PMI UPT Untirta. Didirikan pada tanggal 17 Mei 2008 d Serang.

Management News, Your News Partner~


Foto: Desain HMJM Hari PMI 2018 dan Sebagian Kegiatan KSR PMI Untirta
Penulis: Rachmat Sholihin

Post a Comment

0 Comments