HARI KEMERDEKAAN



   Hari kemerdekaan merupakan momen bersejarah dan momen terpenting bagi suatu bangsa dan negara, termasuk juga bagi Indonesia. Pasalnya, kemerdekaan Indonesia diperoleh melalui perjalanan panjang dan perjuangan yang keras dari para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah.

  Wajar saja jika seluruh masyarakat Indonesia tidak pernah lupa akan hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus ini. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia untuk memperingati hari kemerdekaan, mulai dari upacara pengibaran bendera merah putih, peringatan proklamasi, karnaval budaya, hingga perlombaan tradisional khas 17-an.

  Namun perjuangan para pahlawan untuk merebut kemerdekaan seharusnya tidak hanya diperingati setahun sekali dengan perayaan-perayaan tertentu. Perjuangan tersebut harus dimaknai dan dilanjutkan oleh generasi muda dan sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan yang sudah diraih dengan susah payah melalui perjuangan para pahlawan yang sudah mempertaruhkan jiwa dan raganya.

  Demikian, Generasi muda yang sekarang  masih berstatus sebagai pelajar, masih kuliah maupun baru mendapatkan gelar sarjana harus menyadari bahwa 5 atau 10 tahun lagi Negara ada di tangan mereka. Negara ini adalah milik bersama. Negara ini ada untuk kita jaga bersama. Jika mulai saat ini generasi muda sudah mempersiapkan diri untuk memikul tanggungjawab di masa depan, tentunya masa saat itu tiba semua sudah benar-benar siap untuk melaksanakan tugasnya.

  Mulailah dengan hal kecil yang ringan dan sederhana seperti membuang sampah pada tempatnya. Mengapa hal itu juga bisa menjadi cara untuk mengisi kemerdekaan? Karena kita sudah tidak perlu berperan.  Yang perlu kita lakukan adalah menyayangi Indonesia dengan sepenuh hati. Merawat, menjaga, dan memajukan Indonesia dengan cara yang kita bisa.

  Lakukan penghematan energi dan sumber daya alamKurangi perilaku konsumtifGunakan produk dalam negeriAktif dalam menjalankan peran sebagai pengamat pemerintahanMenjaga lingkungan agar tetap bersihMengikuti program-program pemerintahTaat hukum Taat pada peraturan lalu lintasTumbuhkan sikap toleransi dan tolong menolong.

   Pada dasarnya Indonesia telah memiliki rancangan yang sistematis tentang berbagai hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh warga Negara. Mengisi kemerdekaan adalah mendukung Negara dengan cara taat pada peraturan yang ada.

Post a Comment

0 Comments