Coronavirus Pandemic


  CORONAVIRUS PANDEMIC


Halo semuanya ! Kembali lagi di Blog HMJ Manajemen Untirta.
Kali ini kita akan membahas hal yang sedang viral di seluruh dunia. Kedatangannya begitu cepat dan telah merenggut berpuluh-puluh tibu nyawa manusia. Sesuai dengan judulnya, kita akan membahas mengenai pandemi korona.

Seperti yang sudah kita tahu, bulan Desember 2019 kemarin, dunia digegerkan dengan virus Covid-19 yang muncul pertama kali di kota Wuhan, China dan ditetapkan sebagai pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 11 Maret 2020.Terhitung hingga saat ini jumlah kasus yang terkonfirmasi sebanyak 1.697.225 orang tersebar di 219 Negara. Untuk di Indonesia sendiri, menurut data pada tanggal 11 April 2020, sebanyak 3842 orang terinfeksi dari 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Apasih Covid-19 itu?
COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh jenis coronavirus yang baru ditemukan. Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok, bulan Desember 2019. Sedangkan, Coronavirus adalah suatu kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Beberapa jenis coronavirus diketahui menyebabkan infeksi saluran nafas pada manusia mulai dari batuk pilek hingga yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang ditemukan menyebabkan penyakit COVID-19.

Sebenarnya, mengapa virus ini bisa menyebar sangat cepat?
Dilansir dari laman Kompas.com, menurut hasil penelitian studi terbaru, protein yang terkandung dalam virus corona SARS-CoV-2 memiliki "daerah khusus" atau ridge yang lebih padat. Hal ini membuatnya lebih mudah menempel pada sel manusia dibanding virus corona jenis lainnya. Saat virus mudah menempel ke sel manusia, ini memungkinkan virus corona SARS-CoV-2 memiliki kemampuan menginfeksi dengan lebih baik dan mampu menyebar lebih cepat.  

Bentuk virus Corona dengan perbesaran ribuan kali



World Health Organization (WHO) mengungkapkan cara penyebaran covid-19 melalui tetesan kecil air liur yang keluar dari hidung atau mulut ketika orang yang terinfeksi virus corona bersin atau batuk. Tetesan itu kemudian mendarat di sebuah benda atau permukaan yang disentuh orang sehat. Setelah orang sehat tersebut menyentuh mata, hidup atau mulut mereka. Virus corona juga bisa menyebar ketika tetesan kecil air liur orang yang terinfeksi dihirup langsung oleh orang sehat ketika mereka berdekatan.


Sumber : www.inews.id

Lalu, bagaimana cara mencegahnya?
Untuk mencegah agar kita tidak tertular virus corona Covid-19, berikut panduan lengkapnya dari WHO : 
  1. Seringlah mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, atau cairan antiseptik berbahan dasar alkohol
  2. Jaga jarak setidaknya 1 meter dengan orang yang batuk-batuk atau bersin-bersin.
  3. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.
  4. Pastikan Kamu dan orang-orang sekitar mengikuti etika batuk dan bersin dengan cara menutup mulut dan hidung dengan siku terlipat atau tisu saat batuk atau bersin dan segera buang tisu bekas tersebut.
  5. Tetaplah tinggal di rumah jika merasa kurang sehat. Jika Anda demam, batuk dan kesulitan bernapas, segeralah cari pertolongan medis dan tetap memberitahukan kondisi Anda terlebih dahulu. Ikuti arahan Dinas Kesehatan setempat Anda. Langkah ini juga melindungi Anda dan membantu mencegah penyebaran virus dan infeksi lainnya.
  6. Tetap ikuti informasi terbaru tentang hotspot-hotspot COVID-19 (kota atau daerah di mana COVID-19 menyebar luas).
  7. Menggunakan masker bila beraktivitas di luar rumah.
Ketentuan penggunaan masker dari pemerintah yaitu masker bedah dan masker N95 hanya digunakan untuk petugas kesehatan, khususnya yang menangani pasien virus corona. Sementara itu, masyarakat yang sehat bisa menggunakan masker kain. Tetapi masker kain harus rutin dicuci dan pemakaiannya disarankan hanya 4 jam.

Selain pencegahan dari luar, kita harus mencegah dari dalam, yaitu dengan menjaga kesehatan jiwa dan raga. Karena menurut pakar virus, virus ini bisa sembuh dengan sendirinya jika kita memiliki imunitas yang kuat.
Berikut ini, hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan imunitas kamu; 
  1. Mencukupi asupan makanan 
Penting banget asupan gizi kita sehari-hari harus tepenuhi agar imunitas kuat. mengurangi junk food, fast food, dan juga makanan instan berpengawet lainnya sangat disarankan. Memperbanyak sayur dan buah-buahan sangat dianjurkan. Jangan sampai masalah berat badan datang setelah masalah corona selesai yaa 😁
   2. Tidur yang cukup
Wahh, waktu luang saat di rumah pas banget dipakai untuk maraton drama, anime, nonton film atau kegiatan lainnya yang justru menyita waktu tidur kita. Ini salah loh ❌
Tidur yang cukup menjadi salah satu cara agar regulasi sistem imum tetap terjaga. Sebaliknya, kurang tidur akan menurunkan sistem imun. Yuk, mulai sekarang diusahakan tidur 7-9 jam sehari!

  3. Kendalikan stres
Pikiran kita sangat berpengaruh kepada kesehatan kita sendiri. Sebagai contoh sederhana, apabila kamu mendapat banyak tugas dan deadline sudah di depan mata, umumnya kamu akan mengerjakan tugas itu sampai tidak ingat makan dan waktu. Ada beberapa yang merasakan efek samping  seperti asam lambung naik, mual, sakit kepala atau yang lainnya. Hal seperti ini bisa mempengaruhi sistem imun kita.
Jadi, kunci kesehatan selain mejaga asupan makanan adalah menjaga kesehatan pikiran.

  4. Olahraga teratur
Banyak dari kita yang malah berolahraga walaupun benefit yang ditawarkan sangat banyak. Olahraga teratur dengan asupan gizi yang cukup, bisa banget mem-boosting daya tahan tubuh. Ada berbagai macam olahraga, seperti HIIT Cardio, Cardio, Weightlifting,  Zumba, Yoga, Pilates, dll.
Untuk kamu yang masih baru di dunia olahraga. Jangan khawatir! Sudah banyak tersebar di internet, orang-orang yang memberi penjelasan dan mempraktekan tipe-tipe dari olahraga diatas. Kamu bisa menyesuaikan olahraga apa yang cocok dengan kebutuhan kamu yaa :D

Sekian tips-tips yang dapat meningkatkan imunitas. Mulai hari ini, marilah kita menjaga kesehatan diri sendiri dengan memulai hidup sehat dan saling mengingatkan akan pentingnya hal tersebut.

Sebagai warga negara yang baik dan cerdas, kita harus bersatu melawan pandemi ini dengan mengikuti kebijakan pemerintah dalam mencegah penyebaran virus ini semakin banyak. 

Secara ringkas, HMJ Manajemen telah membuat video mengenai Coronavirus, kalian bisa langsung meng-klik kalimat berwarna dibawah ini

Untuk kamu yang ingin mengetahui situasi terkini virus Covid-19 di Indonesia. Pemerintah telah membuat hotline khusus mengenai Covid-19. Kamu bisa langsung meng-klik link Covid19.go.id tersebut untuk langsung menuju web resmi nya.

Terima kasih sudah membaca blog kami hingga akhir 😄
Manajemen News, Your News Partner ~

Penulis : Anggun Sari Dewi 

Post a Comment

0 Comments