Tips Aktivitas Agar Tetap Sehat Selama Ramadhan

Halo Semuanya!
Kembali lagi di blog HMJ Manajemen Untirta
Apa kabar? Semoga sehat selalu yaa, dan tetap produktif di masa karantina ini.

Di bulan Ramadhan, seluruh umat muslim diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa yang dimulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari, kecuali bagi mereka yang belum atau tidak mampu melaksanakan puasa.

Menahan lapar, haus, dan menjauhkan diri dari hal yang membawa kemudaratan bagi diri sendiri dan orang lain merupakan tantangan besar bagi umat islam. Selain itu, berpuasa bukanlah waktu bagi kita untuk bermalas-malasan. Walaupun berpuasa, kita harus menjaga kesehatan agar nggak mudah jatuh sakit, apalagi di kondisi sekarang ini yang mengharuskan kita untuk menjaga daya tahan tubuh.

Aktivitas apa aja sih yang bisa kita dilakukan selama berpuasa dan #dirumahaja ? Nah, kali ini kita akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu #dirumahaja dan tetap sehat selama Ramadhan.

1.  Tetap Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan sehat dapat menjaga kekebalan tubuh saat berpuasa, apalagi ditengah pandemi virus korona seperti sekarang. Itu sebabnya, kita harus memastikan makanan saat berbuka dan sahur mencukupi gizi untuk beraktivitas sehari-hari.

Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal lho. Jadi, jangan lupa untuk memperbanyak minum air mineral dibandingkan dengan minuman manis atau bersoda lainnya ya!

Sumber : Detik.com

Saat berbuka dan sahur, sebaiknya kita memperbanyak konsumsi sayuran dan buah. Kenapa? Selain mengandung serat dan vitamin yang dibutuhkan tubuh, sayuran dan buah mengandung serat tinggi sehingga kita mudah kenyang dan kalori yang rendah lho! Cocok banget untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.
Oh ya! Saat berbuka sebaiknya kita menghindari buah-buhan yang mengandung citrus (Jeruk, lemon, dll) dulu yaa, karena buah-buahan ini bikin perut kamu kaget karena keasamannya. 

2. Tetap Berolahraga

Berpuasa nggak menjadikan alasan untuk kita nggak berolahraga lho! Karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Waktu yang disarankan untuk berolahraga agar nggak bikin kita lapar dan haus adalah 30 - 90 menit sebelum berbuka. Jenis dan intensitas olahraganya pun yang ringan aja yaa. Contohnya seperti Yoga, Pilates, Jogging, dll.

3. Lengkapi Nutrisi dengan Multivitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita biasanya lebih rentan terkena penyakit karena nggak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah, supaya sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dan tubuh tetap sehat selama puasa, selain makan buah dan sayur, kita juga sebaiknya meminum multivitamin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang kurang dalam tubuh.

4. Lakukan Hal yang Kamu Senangi

Sudah bosan hanya #Dirumahaja, kamu bisa melakukan hal yang kamu senangi atau bahkan mencoba hal-hal baru untuk mengisi waktu luang mu. Bisa jadi kamu menemukan bakat terpendammu lho!


Belajar bahasa baru, menulis sebuah cerita, meng-edit video, belajar menggambar, atau hal sederhana seperti memanjakan diri dengan menggunakan skincare bisa kamu lakukan selama di rumah. Dengan melakukan hal yang kamu senangi bisa membuat rasa lapar, haus, atau pikiran burukmu teralihkan sementara. Sehingga waktu tidak terasa terlewati dengan kegiatan yang produktif dan menjadikan pikiranmu tetap sehat.

5. Memperbanyak Ibadah

Sekarang ini adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak ibadah kita. Beberapa hal nya adalah membaca Al-Qur'an. Membaca Al-Qur'an. bahkan hanya satu hurufnya, akan dibalas 10 kali bahkan hingga 700 kali lipat. Yakin masih bermalas-malasan membaca Al-Qur'an? Berikut ini tips untuk khatam Al-Qur'an di bulan Ramadhan


Selain membaca Al-Qur'an, kita juga disunahkan untuk melaksanakan Shalat sunah seperti shalat Dhuha, Shalat Tahajud, Shalat Sunah Rawatib, dsb. Mengikuti kajian islami online juga membantu kita untuk memperdalam islam dengan baik

6. Membersihkan Rumah

Membersihkan rumah merupakan salah satu kegaitan yang bisa kita lakukan di rumah untuk mengurangi beban orang tua. Yuk, jangan malas untuk membersihkan rumah! Setidaknya jaga kamar mu tetap rapih ya! 

7. Mengasah Kemampuan Baru

#Dirumahaja membuat kita kreatif dengan mencari kegiatan baru yang bisa dilakukan untuk mengisi rasa bosan. Dengan kegiatan baru ini, kita bisa mengasah kemampuan yang sebelumnya kita kesulitan melakukannya atau benar-benar mencoba hal baru. Kegiatan produktif ini sama sekali enggak merugikan lho! Nah, hal baru apa yang kamu lakukan selama #dirumahaja?

8. Buka Bersama Secara Virtual

Biasanya bulan ini acara buka bersama dengan teman atau dengan keluarga sangat padat. Berkumpul dan makan bersama menguatkan ikatan silaturahmi. Walaupun karena pandemi ini kita harus tetap di rumah, kita masih bisa lho berkumpul bersama via online.

Banyak aplikasi yang mendukung tatap muka dengan jumlah yang banyak. Teknologi ini tidak menghalangi kita untuk bersilaturahmi.

Nah, itulah beberapa tips kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk tetap stay productive dan sehat selama Ramadhan. Jadi, kegiatan apa saja yang sudah kamu lakukan selama #dirumahaja?

Selalu jaga kesehatan dan kebersihan kamu dan orang sekitarmu. Jangan keluar rumah jika mendesak dan jaga etika bersin agar kita bisa menekan angka penyebaran virus ini. Karena kalau bukan kita, siapa lagi?

Terima kasih sudah membaca sampai akhir. 
Marhaban ya Ramadhan bagi yang menjalankan 🙏


Penulis : Anggun Sari Dewi

Manajemen News, Your News Partner~

Post a Comment

1 Comments