DESA BINAAN 2020 - DESA SIKETUG

Hello, Managers!!

Kali ini blog HMJ Manajemen kembali dengan rangkuman singkat mengenai kegiatan Desa Binaan yang dilaksanakan dari tanggal 26 - 30 Agustus 2020. Desa yang dipilih untuk kegiatan ini yaitu Desa Siketug, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang, Banten.

 Hari Pertama – 26/8/2020

Sebelum berangkat menuju Desa Siketug, panitia acara berkumpul terlebih dahulu. Melakukan pengarahan singkat untuk kegiatan hari ini dan persiapan pemberangkatan.

Sesampainya di tempat tujuan,salah satu rumah warga untuk tempat tinggal sementara, tak berselang lama panitia langsung mempersiapkan tempat dan memanggil warga untuk mengikuti Pembukaan acara yang berlangsung di Mushola Desa. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an kemudian sambutan oleh Ketua Pelaksana yaitu Muhammad Ikhlas Ruri Baihaqi Diens, disambung oleh David Nobel selaku Ketua Umum HMJ Manajemen 2020,  kemudian sambutan dari Bapak Dr. Moh. Mukhsin, S.E., M.M. selaku WD 3, dilanjut sambutan dari Bapak Dr. Aan Khurosani, S.E., M.M. selaku Kepala Jurusan Manajemen Untirta dan diakhiri sambutan dari Kepala Desa Siketug. Acara selanjutnya yaitu pemotongan pita kuning sebagai tanda bahwa kegiataan Desa Binaan telah dimulai.

Setelah pembukaan acara selesai, para anggota menyiapkan beberapa buah nampan yang berisi masker-masker dan membagikannya kepada warga. Tak hanya sampai disitu, kegiatan disambung dengan seminar Pengembangan Ekonomi Kreatif yang diisi oleh Ibu Liza Mumtazah yang disambut antusias oleh warga sekitar.

Persiapan pentas seni pun dilakukan mulai di sore hari. Panitia berbagi tugas, ada yang mendata peserta (peserta adalah anak-anak) dan ada yang menjadi mentor untuk setiap kelompoknya. Setelah pendataan, kegiatan dilanjut dengan mentoring. Antusiasme anak-anak saat kegiatan mentoring sangat tinggi, teman-teman panitia dan peserta dapat berbaur dengan baik. Kegiatan sore hari berlangsung lancar dan penuh dengan keceriaan.

Kegiatan Desa Binaan ini diterima baik oleh Masyarakat Desa Siketug, hal ini bisa dilihat dari bagaimana para panitia dan warga shalat magrib bersama kemudian di lanjut sarasehan (Ngobrol Bareng) mengenai kegiatan acara dsb.

Hari pertama ditutup dengan sharing dan briefing panitia untuk kegiatan esok hari


Hari Kedua – 27/8/2020

Hari kedua dimulai sejak pagi hari. Kegiatan hari ini diawali dengan ibadah shalat subuh bagi yang beragama islam kemudian dilanjut dengan pembagian tugas. Lima orang panita kedapatan untuk mengajar di PAUD Pelangi di Desa Siketug. Respon mereka sangat baik dengan kedatangan panitia. Mereka sangat aktif saat diajar oleh para panitia.

Sedangkan panitia lainnya mulai bergotong royong membersihkan area desa mulai dari posko (Rumah yang ditempati panitia) hingga Balai Desa, dengan jarak yang tidak terlau jauh .Setelah bersih-bersih, panitia mempersiapkan keperluan untuk senam bersama warga di Lapangan Desa Siketug. Senam bersama warga berlangsung lancar dan warga maupun panitia terlihat menikmati kegiatan pagi ini.

Selain itu, ada pula beberapa panitia yang berkutat di dapur untuk mempersiapkan sarapan bagi mereka dan panitia lain. Panitia sarapan bersama baru kemudian membersihkan diri dan melanjutkan kegiatan hari ini. 

Agenda selanjutnya yaitu mentoring atau persiapan pensi bagi peserta  untuk acara puncak yang diselenggarakan pada hari Sabtu nanti. Sesi latihan berlangsung selama lebih kurang 1 jam. Walaupun dengan waktu yang terbilang sebentar, anak-anak dan para mentor tampak menikmati sesi latihan kali ini. 

Sosialisasi kembali diadakan di hari kedua dengan tema Pola Hidup Sehat di Era Normal Baru dengan pengisinya dari panitia acara yaitu Sdri. Saza Agustin dan Sdr. Rikza Maulana. Antusiasme warga terhadap sosialisasi ini sangat tinggi. Mereka memperhatikan pembicara dengan baik serta aktif bertanya.

Setelah sosialisasi, kegiatan mentoring kembali dilaksanakan di halaman Balai Desa. Latihan selama dua hari terakhir ini mulai menunjukkan perkembangan. Semangat mereka tak pernah turun. Mereka berlatih sungguh-sungguh walau diselingi dengan canda dan tawa. Hari ini mentoring berjalan dengan baik.

Agenda hari ini berakhir di sore hari. Kemudian panitia berbenah diri, membereskan kembali tempat-tempat yang dipakai untuk acara hari ini. Setiap maghrib, bagi panitia muslim, mereka shalat berjamaah dan tadarus bersama, baru kemudian makan bersama. Setelah datang waktu isya, mereka kembali shalat berjamaah. Dan sebagai penutup, panitia berkumpul untuk briefing untuk kegiatan esok dan sharing mengenai kegiatan hari ini. 


Hari Ketiga - 28/8/2020

Kegiatan pagi hari ini hampir sama dengan hari sebelumnya yang membedakan adalah setelah mengajar. DPM datang berkunjung ke desa Siketug ketika ishoma sebelum shalat Jum'at, bermaksud untuk berbincang-bincang mengenai program desa binaan ini. Menjelang waktu Dzuhur datang, panitia laki-laki muslim bersiap untuk shalat jum'at bersama warga. Setelah waktu ishoma habis, mereka mulai bersiap untuk kegiatan lomba pada hari ini. Perlombaan berjalan sangat seru. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa sangat menikmati kegiatan kali ini. Lomba-lombanya yaitu estafet sarung,  balap karung, balap kelereng, masukkan paku dalam botol dan cerdas cermat. Lomba berlangsung hingga sore hari.  Di malam hari, panitia menghias halaman balai desa untuk acara nonton bareng bersama warga. Tak lama kemudian, warga beramai-ramai datang memenuhi balai desa. Nonton bersama berjalan lancar. Warga berpamit diri dengan panitia, mereka kembali ke rumah masing-masing setelah acara selesai. Panitia tak lupa membereskan kembali halam balai desa, baru kemudian mereka berkumpul untuk briefing hari esok serta sharing kegiatan hari ini.


Hari Keempat - 29/8/2020

Pagi ini, panitia dan warga kembali senam bersama di lapangan. Setelah senam, panitia mulai berbenah diri untuk kemudian melaksanakan mentoring dan latihan untuk persiapan pentas seni malam ini. Anak-anak mengikuti latihan dengan serius walaupun tetap diselingi canda tawa, mereka terlihat senang panitia dan mentor pun juga ikut senang melihatnya.

Setelah kegiatan latihan selesai, kegiatan selanjutnya ialah Meneliti dan Menganalisis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Desa Siketug (Tata Cara Pembuatan Emping). Pertama, panitia dijelaskan dan ditunjukkan cara pembuatan emping kemudian salah satu panitia mencoba membuat dengan arahan penduduk desa. Buah melinjo di sangrai di dalam wajan berisi pasir panas hingga kulit luarnya terpisah. Setelah diangkat, antara kulit dan bijinya dipisahkan dengan bantuan pisau. Kemudian biji melinjo dipipihkan menggunakan alat pemukul, tiga biji melinjo menghasilkan 1 buah emping mentah. Tak hanya itu, kulit melinjo tadi bisa dibuat menjadi keripik tangkil. 

Selesai dengan analisis dan meneliti kegiatan ekonomi Desa Siketug, waktu ishoma datang. Panitia kembali ke rumah singgah untuk makan siang, shalat dan istirahat sejenak. Ketika waktu ishoma telah habis, panitia kembali mempersiapkan aula untuk digunakan sosialisasi bertemakan Pentingnya Pendidikan Untuk Kemajuan Ekonomi yang diisi oleh salah dua panitia yaitu Sdri. Saza Agustin dan Sdri. Rizqia Assaroh. Warga yang datang begitu aktif saat tanya jawab dan menyimak materi yang disampaikan dengan baik.

Sosialisasi hari ini berjalan dengan lancar. Setelahnya, panitia menata halaman Balai Desa untuk persiapan Pentas Seni malam nanti. Ditengah-tengah menata halaman Balai Desa, beberapa anggota HMJ Ekonomi Syariah datang berkunjung untuk berbincang mengenai program Desa Binaan HMJ Manajemen. Steering Committee serta Humas menyambut mereka di rumah singgah dan berbincang disana. Sedangkan, panitia yang lain melanjutkan pekerjaannya. Sembari menunggu acara pensi mulai, panitia pergi ke sawah setelah diusulkan. Suasana yang asri serta pemandangan yang indah berhasil membuat mereka takjub. Para panitia berpencar, berjalan-jalan menikmati pemandangan alam yang ada. Tak lupa mereka mengambil beberapa foto untuk mengabadikan suasana. Cukup berjalan-jalan ke sawah sekitar, mereka pun kembali ke balai desa, mengecek ulang keperluan untuk pensi nanti malam. 


Malam hari pun tiba. Pentas seni dimulai setelah ba'da Isya. Halaman balai desa telah dipenuhi warga dan para peserta. Antusiasme mereka sangat tinggi, bahkan ketika persiapan, anak-anak datang dengan perasaan tak sabar menunggu acara mulai. Sebelum acara benar-benar dimulai, peserta bersiap diri dibelakang panggung dan mendengar arahan dari panitia. Acara dimulai, suara riuh rendah penonton memanaskan acara. Di akhir acara, diumumkanlah pemenang lomba-lomba dan pemberian hadiah. Tak sampai situ, ibu-ibu disana meminta lomba tambahan yaitu lomba karaoke. Acara pensi malam ini terbilang sangat sukses karena berhasil menarik perhatian warga sekitar. 

Pentas seni selesai, waktunya bagi panitia membersihkan halaman balai desa seperti sebagaimana mestinya. Hari ini, kembali ditutup dengan briefing dan sharing.


Hari Kelima - 30/8/2020

Hari ini merupakan hari terakhir kegiatan Desa Binaan di Desa Siketug. Panitia mengemas barang-barang mereka. Setelah sarapan bersama, panitia pun meminta izin kepada perangkat desa dan kepada pemilik rumah singgah. Kemudian mereka foto bersama, sebagai salam selamat tinggal. 


Kegiatan Desa Binaan HMJ Manajemen 2020 di Desa Siketug berakhir sukses. Panitia kembali dengan selamat dan dalam kondisi yang prima. Mereka mengaku bahwa acara tersebut sangat menyenangkan. Warga di Desa Siketug sangat ramah dan menyambut mereka dengan baik. Mereka juga belajar mengenai cara membuat emping serta mengedukasi warga sekitar untuk memanfaatkan komoditi yang ada untuk mendongkrak perekonomian desa.


Sekian cerita singkat mengenai program kerja Desa Binaan kali ini. Untuk teman-teman, selalu jaga kesehatan dan menaati protokol kesehatan yaaa 💖


Penulis : Anggun Sari Dewi

Management News, Your News Partner ~

Post a Comment

1 Comments